Jenis UMKM Online yang Booming Saat Pandemi. Nomor 4 Bikin Kaget!

Jenis UMKM Online yang Booming Saat Pandemi. Nomor 4 Bikin Kaget!

UMKM Online

UMKM online jadi aktivitas ekonomi yang paling dicari saat ini.  Kependekan dari Usaha Mikro, Kecil, Menengah yang menggunakan internet ini adalah satu-satunya harapan yang bisa berguna untuk mencari uang demi kebutuhan sehari-hari.

Kesulitan dalam mencari uang dikarenakan banyak pekerja yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK. Pandemi membuat keuntungan perusahaan menurun drastis sehingga mereka memutuskan untuk mengurangi biaya pengeluaran seperti gaji karyawan. Mereka yang terdampak PHK harus mencari cara memenuhi kebutuh hidupnya. UMKM online menjadi solusi mudah mencari uang secara mandiri menggunakan internet.

UMKM online bukan untuk generasi muda saja. Siapa pun boleh melakukan kegiatan ekonomi ini. Apalagi adanya internet memudahkan semua kalangan untuk menjalankannya.

Sobat Abang, aktivitas ekonomi bisa menjadi pilihan untukmu yang ingin berbisnis dengan low budget.  Menurut website resmi KOMINFO ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan melakukan UMKM. Selain mengurangi biaya untuk membangun cabang, bisnis ini juga memudahkan dalam memperkenalkan produk tanpa membayar jasa pemasangan iklan agar dapat menjualkan daganganmu secara luas.

Selain itu kamu bisa mengurangi pengeluaran lainnya seperti gaji karyawan. Itu karena UMKM online tidak membutuhkan banyak tenaga. Kamu bisa ikut mengerjakannya sendiri. Keren kan, sob?

UMKM Online Didukung Oleh Pemerintah

Sobat tidak perlu khawatir, pemerintah pusat melalui pemerintah daerah di masing-masing wilayah akan memberikan bantuan. Umumnya bantuan yang diberikan berupa uang dengan jumlah tertentu.

Perlu sobat tahu, tidak semua UMKM mendapatkan bantuan. Pemerintah memiliki ketentuan sendiri dalam menilai layak tidaknya mendapatkan bantuan. Bagi UMKM yang mendapatkan bantuan dari pemerintah, sudah tidak perlu lagi untuk pergi menemui pemerintah di kotamu. Karena sekarang sobat hanya perlu datang ke beberapa perbankan BUMN yang telah bekerja sama dengan pemerintah untuk memberikan dana bantuan tersebut.

Sayangnya cara itu masih tidak efektif. Protokol kesehatan yang ‘katanya’ wajib dilakukan semua orang malah diabaikan. Dengan alasan itulah, beberapa daerah menunda pembagian bantuan untuk waktu yang tidak ditentukan. Yah, kalau begini terus kapan bisa mulai berbisnis ya sob?

Untungnya, tidak semua pemerintahan memakai cara yang “jadul” seperti itu. Banyak pemimpin yang menyukai cara-cara yang kekinian dalam membantu memperkenalkan dagangan UMKM salah satunya yaitu Bapak Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. Menggunakan Instagram miliknya, beliau membantu para UMKM online dengan mempromosikan dagangannya.

Kegiatan yang diberi nama “Lapak Ganjar” enggak hanya dimanfaatkan oleh warga Jawa Tengah. Orang luar Jawa Tengah pun diperbolehkan untuk mengikutinya.

Kegiatan ini tidak berbayar alias gratis. Kamu hanya perlu membagikan foto dan video barang daganganmu melalui Instagram dengan hashtag #LapakGanjar.  Bagi pelaku UMKM yang beruntung, foto dan videonya akan direpost oleh beliau untuk dipromosikan.UMKM online #LapakGanjar

Beliau tidak membiarkan kita ketinggalan informasi tentang UMKM online yang pernah dipromosikannya. Beliau memanfaatkan fitur Instagram “sorotan cerita” agar bisa terus dilihat oleh pengguna Instagram yang kemungkinan tertarik dengan beberapa UMKM online tersebut. Bagaimana sob, masih belum berniat untuk memulai UMKM?

Dagangan UMKM Online yang Laris di Pasaran

Teruntuk kamu yang ingin memulai usaha UMKM online, ada baiknya memilih produk-produk yang banyak dicari. Apa sajakah itu? Berikut kategori produk dagangan yang laris manis dijual oleh pelaku UMKM.

Pakaian

Barang ini paling banyak dicari karena pakaian tidak akan pernah kadaluarsa. Selain itu pakaian menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia selain makanan dan tempat tinggal. Bagi kamu pelaku UMKM online, kamu bisa memanfaatkan e-commerce seperti Shopee, Bukalapak atau Tokopedia dan sosial media Facebook dan Instagram.

Sayangnya produk ini mengikuti tren fashion. Jika kamu membeli dengan jumlah yang banyak, yang ditakutkan adalah kamu akan merugi karena pakaian-pakaian tersebut ternyata tidak kekinian.

Namun keuntungan lainnya adalah kamu ternyata bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang disekitarmu, loh. Contohnya adalah dengan mengajak mereka untuk bekerja sama dalam industri konveksi seperti tukang jahit atau pekerjaan yang relate lainnya.

Peralatan Dapur

Tidak hanya anak muda saja yang dapat berbisnis online, emak-emak juga banyak yang memanfaatkan UMKM online. Mereka bisa menjual barang-barang yang enggak jauh dengan kegiatan sehari-hari yaitu urusan dapur.

Saat ini peralatan dapur yang dijual tidak lagi biasa-biasa aja seperti pedagang offline umumnya. Tuntutan konsumen yang beragam dan adanya internet membuat para UMKM online sangat mudah dalam membeli barang dari luar negeri.  Nah, kesempatan itu bisa menjadikan kamu sebagai pebisnis UMKM online pertama yang menjual peralatan dapur yang out of the box.

Makanan dan Minuman

Kategori dagangan ini juga enggak kalah banyak diminati masyarakat Indonesia. Para pelaku UMKM online ini menjual makanan dan minuman yang kekinian. Makanan dan minuman tradisional juga bisa dikreasikan lho, sob. Kamu bisa berinovasi dengan menciptakan rasa yang cocok dengan selera anak muda.

Bagi kalian yang tertarik memulai UMKM online dibidang ini, kamu cukup memanfaatkan platform ojek online (ojol) untuk mendaftarkan restoran kamu dengan gratis. UMKM online ini tidak membutuhkan tempat yang luas. Kamu bisa memanfaatkan dapur rumahmu untuk membuat barang daganganmu. Selain itu, ternyata bisnis ini bisa membantu pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan lho.

Bangbeli

Aplikasi ini cocok buat kamu yang sedang merintis UMKM online tanpa modal banyak. Cukup menggunakan handphone dan kuota, kamu bisa melayani pembayaran tagihan bulanan kerabat maupun tetangga kamu.

UMKM online ini tidak akan membuatmu rugi, sob. Orang-orang akan mencarimu untuk membayar tagihan tanpa melakukan promosi yang menghabiskan waktu, tenaga dan uang untuk menarik pelanggan. Itu karena Bangbeli menjual berbagai macam tagihan dalam satu aplikasi saja.

Banyak keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan di Bangbeli. Salah satunya yaitu cashback dengan nominal yang besar banget. Dengan itu, kamu bisa menjadi pelaku UMKM online yang keuntungannya berlipat ganda.

Selain itu, kamu akan mendapatkan bonus tambahan jika berhasil mengajak orang bermitra dengan Bangbeli. Semakin banyak kamu mengajak, semakin banyak pula nominal bonus yang akan kamu dapatkan.

Jadi tunggu apalagi? Yuk, mulai rintis UMKM secara online bersama Bangbeli sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *